Info Komersial

Menawan, Perhiasan berlian

Perhiasan berlian menjadi pilihan sejumlah kalangan, untuk pelengkap fashion mempercantik penampilan, juga sebagai perhiasan bernilai investasi. Pemilihan desain dan model berlian pun bergantung pada tujuan awal saat membelinya. Bagi kalangan yang berorientasi pada fashion, punya selera berbeda dengan pecinta berlian yang membeli untuk investasi.

"Seperti apa kebutuhan penggemar berlian, apakah untuk fashion atau investasi, bisa dilihat dari cara membelinya. Orang yang biasa membeli berlian berukuran besar, takkan tertarik dengan model berlian berukuran kecil yang biasanya didapatkan pada perhiasan berlian untuk kebutuhan fashion. Begitu pun dengan orang yang menyukai berlian untuk fashion, takkan tertarik jika ditawarkan berlian bernilai tinggi dengan model simpel untuk kebutuhan investasi," jelas Jelita Setifa, Marketing Manager Mondial Indonesia saat temu media di Union Restaurant, Plaza Senayan, Jakarta, Senin (21/5/2012).

Menurut Jelita, sebagian besar pelanggannya membeli berlian lebih untuk investasi. Alhasil, model dan desain berlian yang dipilih pun cenderung bernilai tinggi, bukan sekadar memperhatikan desain yang fashionable. Meski begitu, terdapat sejumlah desain perhiasan berlian yang simpel namun juga bernilai investasi tinggi. Artinya, mereka yang membeli berlian untuk kebutuhan fashion lebih memperhatikan desain. Namun mereka yang membeli berlian untuk investasi lebih memedulikan kualitas batu berlian dan nilainya.

Bagi penyuka perhiasan berlian untuk kebutuhan fashion, sebagus apa pun kualitas berlian ia takkan keberatan jika hanya dijadikan aksen pada perhiasan. Namun bagi kalangan investor berlian, mereka lebih mencari batu berlian bernilai, meskipun desainnya cenderung simpel tanpa banyak eksplorasi pada tampilannya.

Meski berbeda selera dan cara memilih batu berlian, setiap pembeli perhiasan berlian biasanya memiliki tujuan pemakaian yang sama. Baik kolektor berlian untuk fashion atau investasi, keduanya memilih perhiasan berlian yang bisa digunakan untuk momen istimewa, seperti hari pernikahan.

"Biasanya kaum ibu yang membelikan satu set perhiasan berlian untuk diberikan sebagai hadiah pernikahan kepada putrinya," jelas Jelita menambahkan 80 persen pelanggannya membeli perhiasan berlian untuk kebutuhan pernikahan.

Bagi Jelita, penting baginya untuk mengedukasi pengunjung butik yang berencana membeli berlian. Menurutnya, banyak orang yang belum teredukasi dengan baik tentang berlian. Membeli namun tak sepenuhnya mengerti apa yang dibelinya. Banyak juga yang memiliki dana berlebih, dan memutuskan membeli berlian, namun mereka tak memaksimalkan dananya untuk mendapatkan berlian bernilai tinggi.

Cara memilih
Menurut Jelita, pemahaman mengenai memilih berlian penting dikuasai agar tak terjebak dalam belanja kompulsif, apalagi jika sekadar ikut tren. Ditambah lagi, saat ini semakin banyak produsen yang menawarkan perhiasan berlian dengan harga terjangkau, dan dipasarkan melalui perkantoran. "Anda bisa mendapatkan berlian dengan anggaran Rp 10 juta, tapi seperti apa kualitasnya, ini yang perlu dicermati sebelum mengeluarkan uang dalam jumlah tersebut," tambahnya.

Jelita menjelaskan, faktor 4C (Carat, Colour, Clarity, Cut) adalah faktor penting yang wajib dipahami sebelum membeli berlian. Jika ingin membeli berlian untuk investasi, untuk mengoptimalkan return sebaiknya pilih berlian minimal tiga karat. Sementara jika ingin memiliki berlian untuk kebutuhan perhiasan dan penampilan atau fashion, berlian 0,3 karat bisa jadi pilihan.

Warna dari level tertinggi, D, hingga Z juga patut dipertimbangkan, apalagi jika tujuannya untuk berinvestasi. Berlian dikatakan memiliki kualitas tinggi jika warnanya tidak lebih rendah dari warna G. Artinya berlian dengan level warna D hingga G, masih terbilang berkualitas tinggi. Untuk mengetahui kualitas berlian dari warna juga clarity, sertifikat menjadi acuannya. Jika berniat membeli berlian, pastikan Anda datang ke toko yang menyediakan sertifikat standar internasional Gemological Institute of America atau GIA (badan penilai berlian terkemuka di dunia). Dari sertifikat ini jugalah Anda bisa mendapatkan jaminan mengenai kualitas berlian secara lengkap dan rinci, terutama faktor 4C tadi.

Cara pemotongan batu berlian juga memengaruhi kualitas, terutama dari pancaran sinar atau pantulan sinar perhiasan berlian. Menurut Jelita, Kalimantan adalah salah satu sumber berlian berkualitas, namun Indonesia masih kekurangan tenaga ahli para perajin berlian berkualitas yang mampu mengaplikasikan teknik cutting yang baik. Alhasil, berlian berkualitas tinggi dengan pantulan sinar sempurna didapatkan dari negara dengan perajin berlian yang memiliki teknik cutting terbaik, yakni dari Afrika.

Selain standar 4C dan sertifikat, saat memilih berlian perhatikan juga soal harga. "Selalu tanyakan Rapaport pada toko berlian, karena orang awam tidak tahu harga berlian, Rapaport inilah yang menjadi patokan harga yang dihitung per karat," jelas Jelita.

Dengan memahami berlian dan nilainya, Anda bisa memaksimalkan uang atau anggaran yang Anda punya untuk mengoleksi perhiasan berlian. Dengan begitu, Anda tak sembarang menghabiskan uang demi berlian yang bernilai tak sepadan dengan jumlah uang yang Anda alokasikan.D;


Jika anda berminat untuk berlian asli Martapura Kalsel Indonesia ?hub: 085250470101



upload: 28 Juli 2012

Komentar yang santun adalah cerminan kepribadian.