Membuat Javascript Punya Pribadi


Ngomong-ngomong mengenai  script  milik pribadi tentu membuat script itu lebih khusus, hanya milik Anda. Dan berbicara soal keuntungan Anda, dengan memiliki script yang khusus hanya untuk Anda maka membuat blog Anda lebih optimal. Misalkan Anda menemui toturial seperti ini dari suatu blog:

menggunakan fasilitas bawaan blogger memang simpel dan mudah tetapi update nya lama. Ketika telah ada beberapa komentar baru masuk memerlukan waktu cukup lama untk menampilkannya di widget komentar terbaru tersebut. Nah, sedangkan alternatifnya adalah membuat kotak komentar menggunakan gadget HTML yang Anda isi dengan script berikut ini, update terbukti lebih cepat!

 
 <script style="text/javascript" src="http://bloggerhosting.appspot.com/serve/amen24.googlepages.com/showrecentcomments.js"

</script><script style="text/javascript">var numcomments = 5;var showcommentdate = false;var showposttitle = true;var numchars = 100;var standardstyling = true;</script> <script src="http://www.blog-trik-tip.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments"></script>

Perhatikan pada bagian yang berwarna merah. Tentu Anda akan sangat sering menemukan tutorial yang memerintahkan Anda untuk memasukkan suatu script ke dalam template Anda seperti penggalan di atas. Sekarang kita perhatikan baris berikut dari penggalan artikel di atas:

"http://bloggerhosting.appspot.com/serve/amen24.googlepages.com/showrecentcomments.js"

diawali dengan kode src yang berarti memanggil. Kode di atas berarti Anda akan memanggil objek yang berada di belakang tanda src=, dalam hal ini javascript. Perhatikan bagian yang berwarna biru diakhiri dengan ekstension .js (javascript). Nah bayangkan dari artikel saya ini saja ada 100 orang yang membaca lalu 50 diantaranya mengikuti tutor tersebut dan memasangnya di blog mereka dalam hal ini pemasangan recent comment widget. Maka pada saat blog mereka dibuka bersama-sama, maka script inipun dipanggil bersama-sama. Belum lagi jika yang akses blog mereka pada waktu bersamaan ada 10 orang. Tnetu akan membuat loading widget semakin berat. Oleh karena itu disinilah manfaatnya Anda selalu hosting javascript hanya untuk Anda.

Pertama :
Copy Lokasi

Jika Anda menemukan tutorial serupa dan menemukan sebuah perintah untuk memasukkan script jangan langsung dengan mudahnya mengaplikasikannya. Tapi host ulang script tersebut khusus untuk Anda. Pertama yang dilakukan adalah copy lokasi script dari tutorial tersebut. Anda harus bisa menemukan lokasinya. Seperti ktia contohkan di atas, selalu di awali dengan http:// dan diakhiri .js untuk javascript.

Kedua :
Buka Alamat Tersebut

Bukalah tab baru pada browser Anda. Masukkan alamat yang telah Anda copy ke Adress Bar dan tekan Enter. Maka akan muncul kode javascript.

Ketiga :
Simpan Ke Komputer Anda

Pada keadaan menampilkan kode javascript, klik File pada menubar browser Anda. Lalu klik Save As dan tentukan lokasi penyimpanan di komputer Anda.

 Keempat :
Lakukan Host Ulang

Untuk host script Anda bisa menggunakan berbagai layanan gratis. Diantaranya Host Javascript di Google Code dan Host File di Google Site.

Kelima :
Masukkan Alamat Script Pribadi Anda

Setelah Anda host ulang javascript, Anda akan mendapatkan alamat script javascript Anda. Masukkan ke srcipt menggantikan script yang ada pada tutorial, misal:

src="alamat anda"

Sekarang script tersebut hanya milik blog Anda dan tidak akan di panggil untuk blog-blog lain juga. Semoga bermanfaat.

 
Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat? Jika ya, mohon kesediaannya untuk meng-klik tombol Plus One/like yang ada di bawah ya.  Terima kasih banyak !!




8 komentar

boleh nih gan di coba gan,,,thank's ya gan info nya gan

silakan gan, trm ksh dah berkunjung

Thanks gan.. Infonya sangat bermanfaat buat saya..

Sama2 gan, trm ksh dah berkunjung...

gan script pribadi itu yang mana ya gan??

maksud script pribadi disini adalah script yg tadinya ada pada temple blog atau layanan-layanan penyedia JVscript, nah dr byk JVscript itu kalau kita masukkan begitu saja pada blog kt mk scr otomatis org lain yg menggunakan JVscript yg sm akn terpanggil shingga blog/web kt akan tersa brt loadingnya...slh satu triknya seperti toturial di atas artinya kt modifikasi lg sesuai keinginan kt. kurang lebih bgtun gan, trm ksh dah berkunjung.

Mantaf gan Artikelnya... Boleh di coba nih, krna Blog Ane Lola. Trims

terimakasih atas tutorialnya mas sangat membantu..

http://obattraditional.com/obat-tradisional-ambeien/

Komentar yang santun adalah cerminan kepribadian.